Ketahui Empat Gejala Awal Jantung yang Tidak Sehat

Jantung merupakan salah satu organ vital pada tubuh manusia, karena bertugas memompa darah, membawa nutrisi  dan oksigen yang akan di distribusikan keseluruh tubuh. "Ketika Jantung mengalami gangguan gejalanya akan timbul di berbagai bagian tubuh," ujar Jonathan Goldstein, ahli jantung dari St. Michael's Medical Center di Newark, New Jersey.

Mari Ketahui berbagai tanda jantung yang tidak sehat:

SAKIT PADA RAHANG & TELINGA

Sakit pada rahang memang menjadi gejala yang misterius karena terjadi akibat beberapa sebab, tapi kadang bisa juga menjadi petunjuk dari penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Kondisi ini terjadi karena jaringan jantung yang rusak mengirimkan sinyal ke sumsum tulang belakang hingga mempengaruhi saraf di sepanjang rahang hingga telinga. Rasa sakit yang muncul berbeda dengan sakit gigi atau infeksi telinga yang biasanya hanya di satu titik, tapi lebih bersifat menyebar dan kadang mempengaruhi bahu serta lengan terutama di bagian kiri.



GANGGUAN PENCERNAAN

Serangan gangguan pencernaan parah dan mual bisa menjadi tanda awal serangan jantung atau myocardial infarction, terutama pada perempuan. Dalam sebuah penelitian diketahui perempuan 2 kali lebih mungkin mengalami muntah, mual dan gangguan pencernaan selama beberapa bulan menjelang serangan jantung dibanding laki-laki. Kondisi ini terjadi karena sumbatan lemak di arteri akan mengurangi suplai darah ke jantung yang biasanya terjadi di dada kadang bisa muncul di perut. Hal ini tergantung pada bagian mana dari jantung yang mengalami gangguan.

SAKIT LEHER

Pasien yang telah mengalami serangan jantung kebanyakan baru menyadari bahwa ia sering merasa pegal, sakit dan rasa seperti tertarik di leher akibat ketegangan otot. Tanda ini sering terabaikan karena pasien lebih fokus pada rasa sesak atau sakit di bagian kiri dada. Kondisi ini terjadi karena saraf dari jaringan jantung mengirimkan sinyal rasa sakit yang naik turun ke sumsum tulang belakang yang membentang ke leher dan bahu. Nyeri ini tidak terletak pada satu tempat spesifik dan biasanya tidak hilang dengan kompres dingin, hangat atau pijat otot.

PUSING & SESAK NAFAS

Journal of the American Heart Association melaporkan lebih dari 40% perempuan melaporkan sering mengalami sesak napas dihari-hari sebelum serangan jantung.  Seseorang mungkin akan mengalami sesak napas, pusing atau pingsan bahkan saat tengah melakukan hal yang biasa seperti berjalan atau membersihkan rumah. Kondisi ini terjadi karena darah yang melalui arteri untuk membawa oksigen ke jantung tidak mencukupi. Plak yang menumpuk akan membuat jantung sulit mendapatkan oksigen yang cukup, sehingga kadang seseorang merasa sakit saat harus menarik napas dalam-dalam.

Demikian empat tanda yang menunjukkan bahwa jantung tidak sehat, jika memiliki lebih dari dua tanda tersebut sebaiknya segera hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan.

0 komentar:

Posting Komentar